PairinPay. Diberdayakan oleh Blogger.
Memakai produk lokal dan unik kini sudah menjadi tren di kalangan anak muda Bandung. Hal itu disambut baik para desainer lokal untuk berlomba-lomba menyuguhkan karya terbaiknya bagi penikmat fesyen.

Latar belakang tersebut yang membuat even bertajuk 'Trademark' kembali digelar di Kota Bandung. Mengklaim sebagai gelaran indoor market pertama dan terbesar di Bandung, even yang pertama kali digelar tahun 2010 lalu ini menyajikan 80 tenant yang terdiri dari industri kreatif pakaian, produk interior, aksesori, kuliner, dan lainnya.

Di antaranya seperti Kiddnaped Alley, Feiris, Aniaki, JD, Thyo Pernik, dan masih banyak merek-merek lainnya yang hadir di acara yang digelar di Mal PVJ beberapa bulan yang lalu.

Menurut Promotion Trademark, Gilang Panji, industri kreatif di Bandung diakui kualitasnya di kancah Internasional.

"Produk-produknya sudah bisa di ekspor. Mungkin karena di Bandung mau cari bahan apa saja bisa dan mudah. Mungkin itu juga yang buat industri di Bandung maju," ujar pria yang akrab disapa Panji.

Selain mayoritas diramaikan oleh brand-brand fesyen, urusan perut juga cukup banyak varian yang tersedia di sini, mulai dari cupcakes, jus, hingga keripik.

Sementara untuk urusan musik, Trademark mengusung penampilan dari DJ Dina Homogenic, DJ Marine, Popriots, Tulus, serta Angsa dan Serigala.
 
Sumber : bandung.detik.com
Blangkon adalah tutup kepala yang digunakan oleh kaum pria sebagai bagian dari pakaian tradisional jawa. Blangkon sebenarnya bentuk praktis dari iket yang merupakan tutup kepala yang dibuat dari batik. Tidak ada catatan sejarah yang dapat menjelaskan asal mula pria jawa memakai ikat kepala atau penutup kepala ini.


Pada masyarakat jawa jaman dahulu, memang ada satu cerita Legenda tentang Aji Soko. Dalam cerita ini, keberadaan iket kepala pun telah disebut, yaitu saat Aji Soko berhasil mengalahkan Dewata Cengkar, seorang raksasa penguasa tanah Jawa, hanya dengan menggelar sejenis sorban yang dapat menutup seluruh tanah Jawa. Padahal seperti kita ketahui , Aji Soko kemudian dikenal sebagai pencipta dan perumus permulaan tahun Jawa yang dimulai pada 1941 tahun yang lalu.

Ada sejumlah teori yang menyatakan bahwa pemakaian blangkon merupakan pengaruh dari, budaya Hindu dan Islam yang diserap oleh orang Jawa. Menurut para ahli, orang Islam yang masuk ke Jawa terdiri dari dua etnis yaitu keturuan cina dari Daratan Tiongkok dan para pedagang Gujarat. Para pedagang Gujarat ini adalah orang keturunan Arab, mereka selalu mengenakan sorban, yaitu kain panjang dan lebar yang diikatkan di kepala mereka. Sorban inilah yang meng-inspirasi orang jawa untuk memakai iket kepala seperti halnya orang keturunan arab tersebut.

Ada teori lain yang berasal dari para sesepuh yang mengatakan bahwa pada jaman dahulu, iket kepala tidaklah permanen seperti sorban yang senantiasa diikatkan pada kepala. Tetapi dengan adanya masa krisis ekonomi akibat perang, kain menjadi satu barang yang sulit didapat. Oleh sebab itu , para petinggi keraton meminta seniman untuk menciptakan ikat kepala yang menggunakan separoh dari biasanya untuk efisiensi Maka terciptalah bentuk penutup kepala yang permanen dengan kain yang lebih hemat yang disebut blangkon.

Pada jaman dahulu, blangkon memang hanya dapat dibuat oleh para seniman ahli dengan pakem (aturan) yang baku. Semakin memenuhi pakem yang ditetapkan,  maka blangkon tersebut akan semakin tinggi nilainya. Seorang ahli kebudayaan bernama Becker pernah meneliti tata cara pembuatan Blangkon ini, ternyata pembuatan blangkon memerlukan satu keahlian yang disebut “virtuso skill”. Menurut nya : “That an object is useful, that it required virtuso skill to make –neither of these precludes it from also thought beatiful. Some craft generete from within their own tradition a feeling for beauty and with it appropriete aesthetic standards and common of taste”.

Penilaian mengenai keindahan blangkon, selain dari pemenuhan terhadap pakem juga tergantung sejauh mana seseorang mengerti akan standard cita rasa serta ketentuan- ketentuan yang sudah menjadi standar sosial. Pakem yang berlaku untuk blangkon, ternyata bukan hanya harus dipatuhi oleh pembuatnya, tetapi juga oleh para penggunanya. Seperti yang diungkapkan oleh Becker sebagai berikut: “By accepting beauty as a criterion, participants in craft activities on a concern characteristic of the folk definition of art. That definition includes an emphasis on beauty as typified in the tradition of some particular art, on the traditions and conserns of the art world itself as the source of value, on expression of someone’s thoughts and feelings, and on the relative freedom of artist from outside interference with the work”.

Blangkon pada prinsipnya  terbuat dari kain iket atau udeng berbentuk persegi empat bujur sangkar. Ukurannya kira-kira selebar 105 cm x 105 cm. Yang dipergunakan sebenarnya hanya separoh kain tersebut. Ukuran blangkon diambil dari jarak antara garis lintang dari telinga kanan dan kiri melalui dahi dan melaui atas. Pada umumnya bernomor 48 paling kecil dan 59 paling besar. Blangkon terdiri dari beberapa tipe yaitu : Menggunakan mondholan, yaitu tonjolan pada bagian belakang blangkon yang berbentuk seperti Onde-onde. Blangkon ini disebut sebagai blangkon gaya Yogyakarta. Tonjolan ini menandakan model rambut pria masa itu yang sering mengikat rambut panjang mereka di bagian belakang kepala, sehingga bagian tersebut tersembul di bagian belakang blangkon. Lilitan rambut itu harus kencang supaya tidak mudah lepas.

Model trepes, yang disebut dengan gaya Surakarta. Gaya ini merupakan modifikasi dari gaya Yogyakarta yang muncul karena kebanyakan pria sekarang berambut pendek. Model trepes ini dibuat dengan cara menjahit langsung mondholan pada bagian belakang blangkon. Selain dari suku Jawa (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur), ada beberapa suku laindi Indonesia yang memakai iket kepala yang mirip dengan blangkon jawa yaitu : suku Sunda (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Barat dan Banten), suku Madura, suku Bali, dan lain-lain. Hanya saja dengan pakem dan bentuk ikat yang berbeda-beda.

Sumber : berbagaisumber.
Diadora, adidas dan lotto
tiga kain diatas adalah bahan yang sering digunakan untuk bahan jaket sporty, lotto dan diadora adalah bahan jaket yang agak mengkilat dan diadora agak lebih tebal, sementara adidas lebih tidak mengkilat. Pakulinan menggunakan bahan diadora dan dan adidas.

Kanvas
kanvas adalah bahan yang digunakan untuk membuat jaket-jaket kasual dan setengah resmi.Terkadang juga dibuat celana

Corduroy
kain ini bergaris-garis, dan selain sebagai bahan jaket, corduroy juga bisa digunakan sebagai bahan celana.

Drill
bahan drill biasa digunakan sebagai bahan jaket-jaket yang berkesan formal. sifat-nya halus dan dingin kalau dipakai, cocok untuk jaket komunitas. Ada 2 macam jenis drill yang beredar di pasaran, diantaranya american drill dan japan drill

Parasit
bahan parasit itu adalah bahan yang kedap air.

Tessa
Bahan yang digunakan untuk bikin jaket-jaket yang semi jas.

Teteron
sifat bahan kasar,ciri khas dari bahan ini adalah adanya serabut yang mirip garis .

Fleece

Bahan yang tebal dan empik biasa digunakan untuk bahan jumper, jaket dan cardigan.


Bahan Kaos
Meskipun hampir setiap hari mengenakan kaos, banyak yang belum mengetahui jenis kain atau bahan pembuat kaos. Bagi yang sudah mengetahui jenis-jenis kaos, sering kali susah membedakan bahan kaos antara satu dengan yang lainnya. Jika anda mengalami hal serupa, jangan khawatir, karena Anda tidak sendirian.

Jenis bahan kaos yang beredar di pasaran sangat banyak. Jenis bahan kaos umum  adalah Cotton Combed, Cotton Carded, TC, PE, Hyget.


COTTON
, ada 2 macam berdasarkan spesifikasi benang:

A. COTTON COMBED:

Serat benang lebih halus.
Hasil Rajutan dan penampilan lebih rata

B. COTTON CARDED:

Serat benang kurang halus.
Hasil rajutan dan penampilan bahan kurang rata.

Sifat kedua jenis bahan tersebut bisa menyerap keringat dan tidak panas, karena bahan baku dasarnya adalah serat kapas.


TC (TETERON COTTON)


Jenis bahan ini adalah campuran dari Cotton Combed 35 % dan Polyester (Teteron) 65%. Dibanding bahan Cotton, bahan TC kurang bisa menyerap keringat dan agak panas di badan. Kelebihannya jenis bahan TC lebih tahan ’shrinkage’ (tidak susut atau melar) meskipun sudah dicuci berkali-kali.


CVC ( COTTON VISCOSE)

 Jenis bahan ini adalah campuran dari 55% Cotton Combed dan 45% Viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan Cotton. Jenis bahan ini juga bersifat menyerap keringat.

POLYESTER dan PE


Jenis bahan ini terbuat dari serat sintetis atau buatan dari hasil minyak bumi untuk dibuat bahan berupa serat fiber poly dan yang untuk produk plastik berupa biji plastik. Karena sifat bahan dasarnya, maka jenis bahan ini tidak bisa menyerap keringat dan panas dipakainya


HYGET


Jenis bahan ini juga terbuat dari plastik, namun lebih tipis. Banyak digunakan untuk keperluan kampanye partai


Jenis bahan kaos diatas umumnya digunakan untuk kaos oblong. Sedangkan untuk kaos berkerah atau biasa disebut kaos polo, biasanya digunakan bahan PIQUE. Bahan ini biasa disebut LACOSTE.

 
LACOSTE sendiri adalah merek kaos yang banyak menggunakan bahan ini. Selain lacoste, yang banyak menggunakan jenis bahan ini adalah POLO RALPH LAUREN.

Perlu diketahui bahwa masing-masing pabrik bahan kaos menghasilkan kualitas produk yang berbeda. Artinya, sama-sama cotton combed, dari pabrik A, bisa berbeda dengan pabrik B, dan produk dari toko kain A bisa jadi berbeda dengan toko kain B.


Penamaan jenis bahan kaos juga berubah-ubah dan kadang menyesatkan. Hal ini bisa terjadi karena ketidak mampuan konsumen untuk membedakan jenis bahan kaos secara tepat. Misalkan, seorang pembeli kaos masuk ke salah satu toko kain di Tanah Abang Jakarta dan hendak membeli cotton combed. Kebetulan saat itu stock cotton combed di toko tersebut tidak ada. Bilanglah si pemilik toko: ”pake ini aja nih.. Semi Combed, kualitas sama harga lebih murah” dan si pembeli pun menurut. Alhasil, muncullah istilah baru: Semi Combed. Usut punya usut, ternyata yang disebut Semi Combed itu adalah Cotton Carded!. Dengan motif serupa, muncul istilah-istilah bahan yang baru seperti Soft Combed, Carded Super, Super Combed, Cotton kualitas A, PE super, dan lain-lain. Jadi, telitilah sebelum memilih bahan kaos anda.


JENIS BENANG


Pentingnya mengetahui tentang benang atas bahan kaos yang kita kehendaki adalah berkaitan

dengan ketebalan atau gramasi bahan kaos itu sendiri.

1. BENANG 20S


Biasanya dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos atara 180 sampai

dengan 220 Gram / Meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt

2. BENANG 24S


Biasa dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 170 sampai

dengan 210 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt

3. BENANG 30S


Biasa dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 140 sampai

dengan 160 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt atau Gramasi 210 sampai
dengan 230 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Double Knitt.

4. BENANG 40 S


Biasa dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 110 sampai

dengan 120 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt atau Gramasi 180 sampai
dengan 200 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Double Knitt.
Sumber : berbagaisumber.
Tim ilmuwan Armenia mengklaim telah menemukan sebuah rok yang usianya diperkirakan mencapai 5.900 tahun. Rok ini bisa jadi dianggap rok paling tua yang pernah ditemukan.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (27/10/2010), Pavel Avestisian Direktur Institut Arkeologi dan Etnografi di Yerevan, Armenia jika timnya menemukan fragmen dari rok yang terbuat dari alang-alang tersebut pada sebuah gua di sebelah tenggara Armenia.

Avestisian menambahkan jika rok ini bisa rok yang terbuat dari alang-alang paling tua di dunia. Sebelumnya di gua Areni-1 tempat rok ini ditemukan, sebuah sepatu yang diyakini berusia 5.500 tahun jika berhasil diselamatkan oleh tim arkeolog. Menjadikannya sepatu yang paling ditemukan dalam sejarah dunia.  Seorang arkeolog lainnya Boris Gasparin mengatakan jika tim ini juga berhasil menemukan kambing yang diawetkan. Kambing tersebut diperkirakan berusia 5.900 tahun, atau lebih tua 1.000 tahun dari yang pernah ditemukan di Mesir. 

Sumber : berbagaisumber.
Zodiak membaca kepribadian sudah biasa. Tapi bagaimana jika zodiak menjadi acuan untuk membaca apa yang bagus Anda kenakan dan gaya berbusana seperti apa yang mampu mengeluarkan aura kecantikan Anda?

Pat Harris, seorang peramal dan konsultan fashion, akan membeberkannya untuk Anda.

Dia percaya, berbusana sesuai zodiak tanpa menghiraukan pendapat orang tentang penampilan, akan membuat seseorang selalu terlihat stylish, seksi, dan percaya diri berapa pun umur, bentuk, dan ukuran tubuh Anda.

Berikut panduan busana sesuai zodiak, seperti dikutip Daily Mail:

ARIES
Bintang ini paling terkait dengan aksi. Melalui penampilannya, pemilik zodiak ini terlihat sebagai sosok yang kuat, agresif, dan risk taker. Secara keseluruhan, pakaian rapih dan sesuai adalah apa yang harus wanita Aries kenakan. Warna yang paling sesuai dengan pemilik zodiak ini adalah merah dan putih. Wanita Aries adalah trend setter.

Contohnya saja, Samantha Cameron yang sangat percaya diri dan elegan tanpa harus menjadi wanita yang rewel dan sangat feminin. Dia terlihat memukau dengan celana panjang pensil atau rok bahan dan jaket.

Selain itu, Victoria Beckham juga contoh wanita Aries yang bisa menginspirasi gaya berbusana Anda. Istri David Beckham ini juga memilih pakaian dengan potongan yang pas di badan dan tidak peduli apa kata kritikus fashion tentang gaya berbusananya.

Wanita Aries harus menghindari pakaian yang terlalu rumit, banyak aksen seperti lipatan-lipatan dan kerutan, serta warna-warna pastel. Mereka akan terlihat cantik dengan warna-warna berani, dan potongan-potongan yang tajam atau membentuk tubuh.

TAURUS
Wanita Taurus adalah sosok wanita yang sangat feminin. Mencintai warna-warna pastel yang lembut dan sensual. Potongan pakaian yang cocok harus mencirikan wanita feminim dan lembut. Karenanya, gunakan gaun-gaun yang ringan dan jatuh seperti yang dikenakan oleh Cate Blanchett. Motif-motif berani, potongan tajam membentuk tubuh, dan warna-warna terang harus Anda hindari.

Taurus bisa saja manis dan lembut, tetapi di sisi lain mereka juga sangat keras kepala. Mengenakan kain halus dan jatuh menjuntai, seorang wanita Taurus yang cerdas tahu bagaimana menggunakan sisi feminin sebagai tipu daya untuk memikat hati pria. Audrey Hepburn adalah contoh wanita Taurus yang sangat feminin, cantik, dan sangat nyaman dengan gaya sangat wanita.

LEO
Warna dramatis seperti emas, merah, dan ungu cocok untuk wanita Leo yang flamboyan. Lupakan jumpsuit nyaman yang besar, sensible shoes, dan celana panjang. Pakaian berbentuk sudut mencolok dengan potongan tajam, pola yang dramatis dan berani sangat cocok untuk bintang yang percaya diri ini.

Madonna adalah tipikal wanita Leo sesungguhnya. Dia menggunakan pakaian untuk menciptakan dampak. Dia menggunakan bra kerucut ketika usia 20-an, menggunakan baju senam di karpet merah ketika berusia 40-an. Sebagai cerminan kepribadiannya, wanita Leo menggunakan pakaian-pakaian yang dapat menunjang apa yang ia kerjakan.

VIRGO
Detil dan kesempurnaan adalah yang terpenting bagi wanita Virgo. Pemilik zodiak ini tidak akan tahan dengan busana yang tampak murah dan pasaran. Mereka sangat menginginkan pakaian-pakaian yang terjahit sempurna, elegan, dan berdetil rumit. Namun, mereka adalah sosok yang hemat, yang sering terlihat berburu pakaian diskon.

Yang cocok untuk wanita Virgo adalah busana dengan tone warna natural, krem, coklat, dan putih. Claudia Schiffer adalah sosok Virgo dengan gayanya yang elegan dan warna-warna natural. Warna terang, aksen bulu-bulu palsu,
atau perhiasan-perhiasan berlebihan bukanlah yang Anda sukai.

CAPRICORN
Lembut, bermartabat, dan konservatif adalah ciri khas wanita-wanita Capricorn, dan gaun hitam adalah favorit mereka. Jika Anda termasuk salah satu dari wanita rasi bintang ini, Anda harus menghindari warna  terang, dan desain yang eksentrik. Sedangkan, warna-warna seperti abu-abu atau biru tua, coklat dan hitam adalah yang paling sempurna untuk mengekspresika gaya Anda.

Wanita Capricorn secara intuisi mengerti bagaimana cara berpakaian. Karenanya percaya pada intuisi Anda adalah cara yang tepat ketimbang mengikuti tren yang belum tentu cocok dengan Anda.

Kate Middleton adalah salah satu contoh wanita Capricorn yang selalu memukau dengan gaun-gaun berwarna biru tua. Pakaian yang digunakan saat memproklamirkan pertunangannya dengan Pangeran William ini menunjukkan sosoknya yang lembut, feminin, dan rapih. Wanita Capricorn lainnya adalah Ibu Negara Prancis Carla Bruni.

LIBRA
Wanita Libra sangat mencintai harmoni dan keseimbangan. Lembut, bentuk yang mengalir, warna sederhana seperti biru tua dan biru lembut, merah mawar dan hitam elegan, adalah pilihan tepat untuk mereka. Pemilik zodiak ini sebaiknya menghindari gaun dengan banyak aksen seperti renda-renda dan desain yang terllau rumit.

Gwyneth Paltrow menunjukkan gaya Libra-nya yang klasik tanpa susah payah berpenampilan di dunia fashion. Di memilih warna warna-warna kulit dan pakaian yang sederhana tapi mampu menampilkan kepribadiannya seperti blouse sutra dan celana pendek hitam, atau gaun panjang menjuntai yang sederhana.
 
Bersambung. . .
Sumber : vivanews.com
Merasa pakaian dalam Anda mudah lusuh atau tak nyaman dipakai? Ada yang salah mungkin dengan perawatannya. Ingin tahu lebih banyak? Simak dulu tips berikut ini. Ternyata merawat pakaian dalam gampang-gampang susah. Sedikit berbeda dengan cara Anda mencuci dan merapikan pakaian Anda.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kelestarian pakaian dalam Anda. Termasuk tips berikut ini :
  1. Jangan manjakan pakaian dalam Anda dengan mencucinya menggunakan mesin cuci. Cuci pakaian dalam dengan menggunakan tangan. umumnya pakaian dalam dibuat dengan bahan yang lebih halus dan lembut, jika sering terkena gesekan dengan mesin cuci, bisa jadi pakaian dalam Anda tak bertahan lama.
  2. Jika akan merendam pakaian dalam, gunakan air yang dingin dengan deterjen yang lembut. Atau bisa juga Anda gunakan sabun mandi. Hindari menggunakan pemutih. Jika Anda mencuci pakaian dalam bersamaan dengan baju-baju Anda. Pisahkan, dahulukan mencuci pakaian dalam Anda.
  3. Hindari menggosok dan memeras pakaian dalam. Setelah direndam, cukup tekan-tekan dan peras dengan lembut hingga busa keluar baru dibilas dengan air dingin. Untuk mengeringkannya, bungkus pakaian dalam dengan handuk dan tekan-tekan beberapa kali hingga airnya keluar. Atau Anda cukup membiarkan pakaian dalam Anda basah dan jemurlah. Biarkan airnya menetes sendiri hingga kering perlahan.
  4. Jangan gunakan pengering mesin cuci untuk mengeringkan pakaian dalam Anda. Menggunakan pengering bisa merusak elastisitas dan bentuk bra Anda menyusut. Pastinya Anda tak akan nyaman lagi menggunakannya.
  5. Jemurlah pakaian dalam ditempat yang teduh. Hindari terkena sinar matahari langsung. Jemurlah pakaian dalam dengan cara dihamparkan. Jangan menggantung pakaian dalam ketika menjemurnya.

Sumber : beautydaylily.com
Tahukan kulit Suede ? Itu.. tuh kulit yang dibalik dan sisamak pada bagian dalamnya. Kalo dijadikan sepatu, maka kulit sepatunya akan seperti beludru. Terlihat bagus, santai dan mewah.

Walaupun terlihat mewan, sepatu berbahan Suede membutuhkan perawatan khusus. Bisa repot kita salah merawat sepatu ini, bersih tidak didapat malah sepatu kita jadi rusak.

Ada beberapa tips yang akan saya bagi pada anda semua.
  1. Gunakan suede protector
Pertama kali Anda membeli sepatu, belilah juga suede protector, semprotkan merata pada sepatu Anda dan sepatu Anda terlindung dari debu dan kotoran. Bisa Anda beli di toko sepatu, harganya sekitar Rp 30.000 – Rp 100.000.
  1. Karet penghapus
Jika debu terlanjur menempel, Anda bisa menggunakan karet penghapus untuk menghilangkan debu yang menempel. Gosok secara merata dan searah serta jangan diberi tekanan yang terlalu kuat. Cara ini yang biasa saya gunakan untuk membersihkan noda-noda yang ringan atau baru.
  1. Penyedot debu
Gunakan penyedot debu untuk menghilangkan kotoran yang membandel, gunakan layaknya Anda menyedot karpet.
  1. Sikat gigi dan air
Sikat gigi digunakan untuk noda yang yerlanjur menempel, seperti lumpur atau cipratan minuman yang tumpah. Caranya basahi sikat dan gosokkan searah pada noda. Agar kering letakkan sepatu pada kipas angin, jangan sekali-kali menjemur sepatu Anda!
  1. Sikat pakaian dan air
kadangkala kita menemukan warna permukaan sepatu kita tidak merata. Dengan sikat pakaian yang halus dan sedikit air, sikatkan searah dari ujung sepatu ke pangkal dengan tekanan dan kecepatan yang sama. Setelah itu letakkan sepatu pada kipas angin, sekali lagi jangan sekali-kali menjemur sepatu Anda!
  1. Suede cleaner
Ingin yang praktis? Semprotkan saja suede cleaner dan sikatlah bagian yang disemrot, beres……..
  1. Jaga bentuk sepatu dan kelembabannya
Ada beberapa tips:
  • Bila akan lama tidak dipakai, masukkan sepatu ke wadahnya dan isikan koran ke dalam sepatu agar bentuknya terjaga.
  • Masukkan silica gel pada kotak sepatu dan kamper agar kelembaban dan baunya terjaga, juga mencegah serangga masuk ke dalam sepatu.

Sumber: sepatubandung.com